Pages

Thursday, August 16, 2012

Dapatkah Tawa Menyembuhkan Penyakit?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tawa adalah obat terbaik, tapi pernahkan anda mengira jika tawa bisa menyembuhkan penyakit? Psikologist mempelajari tentang ilmu kebahagian yang meyakini bahwa melatih perilaku positif seperti tawa dapat membawa kesenangan dan kebahagiaan. [sumber: Jameson]

Bagaimana tawa meningkatkan kesehatan? tawa menyebabkan reaksi berantai di seluruh tubuh yang mendorong kesehatan fisik dan psikis. 
Tertawa terbahak-bahak secara reguler dapat mencegah penyakit dan membantu anda menjadi sehat. Tertawa menurunkan hormon tubuh dan level cortisol (Cortisol adalah zat kimia penyebab stress yang dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kelebihan lemak di perut), tawa juga menguatkan sistem imun karena dapat meningkatkan produksi antibodi di saliva dan di aliran darah untuk mencegah bakteri, virus, dan parasit.
Tawa juga dapat membantu kondisi kulit. Orang yang menderita eksim mengalami peningkatan pada warna kulit mereka setelah secara rutin menonton video lucu. Saat pasien alergi tertawa secara rutin, dapat menyusutkan/menghilangkan tanda alergi mereka [sumber: Kimata].
Saat anda tertawa, ini mengakibatkan cara yang sama tubuh anda melakukan jalan cepat dengan menggerakkan otot-otot seluruh tubuh. Tawa meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru dengan memperbesar konsumsi oksigen dan meningkatkan denyut jantung serta tekanan darah. 
Setelah anda tertawa ria, anda mendapat bonus tambahan --relaksasi. Tawa membuat anda merasa lega, juga mengurangi stress, tawa juga memerangi depresi dan kegelisahan [sumber: Oz]